Timnas Putri Indonesia U-19 vs Thailand di Semifinal Piala AFF Wanita U-19

Timnas Putri Indonesia U-19 vs Thailand di Semifinal Piala AFF Wanita U-19

simetriss.com– Timnas Putri Indonesia U-19 harus mengakhiri harapan mereka untuk melaju ke final Piala AFF U-19 Putri 2023. 

Pada babak semifinal, Indonesia kalah telak dengan skor 1-7 dari Thailand di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada Kamis (13/7/2023).

Pelatih Timnas Putri Indonesia Soroti Kinerja Wasit

Pelatih Timnas putri U-19 Indonesia, Rudy Eka Priyambada, menyoroti pemilihan wasit dalam babak semifinal tersebut. 

Laga tersebut dipimpin oleh wasit asal Vietnam, Le Thi Ly, dengan asisten wasit satu Gay Plaung dari Myanmar, asisten wasit dua Thor Davy dari Kamboja, dan wasit keempat Zin Mar Oo dari Myanmar. 

Rudy Eka Priyambada merasa wasit yang bertugas membuat keputusan yang merugikan bagi Timnas Putri Indonesia U-19.

“Lain kali AFF kalau bisa tidak ambil wasit dari 4 semifinalis. Tadi wasit dari Vietnam sekiranya banyak merugikan kami, tapi inilah sepak bola dan saya bilang ke pemain untuk lupakan hari ini dan kita menatap hari besok,” kata Rudy dikutip dari Tempo.

Pemain Butuh Jam Terbang

Selain itu Rudy Eka Priyambada juga membandingkan persiapan timnya dengan tiga tim semifinalis lainnya, yaitu Thailand, Vietnam, dan Myanmar. 

Menurutnya, pencapaian tim besutannya yang berhasil lolos ke babak semifinal sudah merupakan prestasi yang baik mengingat kurangnya kompetisi sepak bola putri di dalam negeri.

Baca juga: Timnas Putri Indonesia U-19 Libas Kamboja di Piala AFF U-19 Wanita 2023, Lolos ke Semifinal Sebagai Juara Grup

“Kita tahu tiga negara, Myanmar, Vietnam, Thailand, semuanya punya liga, persiapan mereka juga matang. Sedangkan kita persiapan hanya tujuh hari dan liga tidak ada,” jelas Rudy.

Namun demikian, Rudy Eka Priyambada berharap hal tersebut menjadi pemicu agar PSSI menyetarakan pembinaan terhadap skuad Garuda Pertiwi.

“Saya harap ini membuat pelecutan untuk sepak bola wanita Indonesia. Tadi Pak Erick (Thohir, Ketua Umum PSSI) juga sudah bilang tidak akan membedakan sepak bola wanita dan pria. Semoga ke depannya lebih peduli lagi ke sepak bola wanita,” tambah Rudy. 

Lakukan Evaluasi

Rudy Eka Priyambada menyatakan akan mengevaluasi penampilan tim agar dapat tampil lebih baik pada pertandingan selanjutnya. 

“Evaluasi pertama yang akan kami lakukan adalah mengenai pengambilan keputusan. Keputusan dalam sepak bola sangat penting, seperti kapan harus mengoper bola dan kekuatan dalam melakukan umpan harus diterapkan,” tutur Rudy.

Baca juga: Timnas Putri Indonesia U-19 Kembali Meraih Hasil Gemilang Saat Lawan Laos di Piala AFF Wanita U-19 2023

Selain itu  Rudy Eka Priyambada menyoroti para pemainnya butuh jam terbang melalui pertandingan atau kompetisi.

“Untuk itu, para pemain membutuhkan jam terbang, dan jam terbang tersebut dapat melalui pertandingan, dan pertandingan tersebut terjadi melalui kompetisi. Namun, saya tidak menyalahkan para pemain,” ujar Rudy.

Pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala AFF Wanita U-19, Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar. 

Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada Sabtu (15/7/2023). 

Baca juga: Timnas Putri Indonesia U-19 Menang Telak dari Timor Leste di Laga Perdana Piala AFF Wanita U-19

Rudy Eka Priyambada mengungkap skuad besutannya siap dan optimis menghadapi pertandingan tersebut.

“Myanmar memiliki kualitas yang bagus seperti Vietnam, tetapi setidaknya kami akan bermain secara normal. Kami tetap optimis dan siap bertanding dalam perebutan peringkat ketiga,” jelas Rudy. (Simetriss/Ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *