Timnas Indonesia vs Irak

Kalah 1-3, Pelatih Timnas Indonesia Soroti Gol Kedua Irak. Instagram @futboll.indonesia

simetriss.com – Timnas Indonesia menelan kekalahan dengan skor 1-3 dalam pertandingan kontra Timnas Irak di Piala Asia 2023.

Pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong merasa kecewa terhadap keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak. 

Menurutnya Shin Tae-yong gol tersebut seharusnya tidak sah karena pemain Irak offside lebih dulu.

Pertarungan antara Timnas Indonesia vs Timnas Irak berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan, Qatar, pada Senin malam (15/1/2023). 

Meskipun Skuad Garuda menunjukkan perjuangan hebat, mereka akhirnya tumbang dengan skor 1-3. 

Gol-gol untuk Timnas Irak tercipta oleh Mohanad Ali (menit ke-17), Osama Rashid (menit ke-45+7′), dan Aymen Hussein (menit ke-75′). 

Sementara itu, skuad besutan Shin Tae-yong berhasil memperkecil ketertinggalan melalui gol Marselino Ferdinan pada menit ke-37.

Shin Tae-yong memberikan apresiasi terhadap penampilan timnya, meski hasilnya tidak sesuai harapan, skuad Garuda tetap menunjukkan performa yang bagus. 

Pelatih Timnas Indonesia Tak Puas dengan Keputusan Wasit

Dalam konferensi pers pada Selasa (16/1/2024), ia mengucapkan selamat kepada Timnas Irak atas kemenangan mereka dan menyatakan kekecewaannya terhadap keputusan wasit terkait gol offside.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut sangat tidak puas dengan keputusan wasit yang memberikan validitas pada gol Osama Rashid.

Menurut pengamatan Shin Tae-yong, Ali sudah berada dalam posisi offside sebelum gol kedua Irak tercipta. 

“Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside, dan kami mendapatkan satu gol. Ini 100 persen offside. Dan jika ini adalah keputusan yang salah dari wasit, kami sangat menyesalinya,” jelas Shin Tae-yong dikutip dari Okezone.

Baca juga: Timnas Indonesia vs Irak: Lions of Mesopotamia Diunggulkan

Shin Tae-yong juga menilai keputusan wasit tersebut berpotensi merusak citra dan nilai Piala Asia. 

“Keputusan ini akan menurunkan imej dan nilai Asia Cup. Saya sangat malu dengan gol kedua itu karena itu adalah momen penting dalam pertandingan,” tambah Shin Tae-yong.

Meski demikian, Timnas Indonesia harus menerima kenyataan menjadi juru kunci di Grup D Piala Asia 2023. 

Timnas Jepang menduduki puncak klasemen setelah mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 4-2, sementara Irak menempati posisi kedua. 

Setelah menghadapi Irak, Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Timnas Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium pada Jumat (19/1/2023), pukul 21.30 WIB. 

Kemenangan di pertandingan tersebut menjadi suatu keharusan jika Timnas Indonesia ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. (Simetriss/Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *